Beranda Tips & Trik Begini Caranya Hilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

Begini Caranya Hilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

83
0
BERBAGI

JAKARTA-JENDELAKULINER.COM РHari raya Idul Adha sangat identik dengan daging, baik itu daging sapi, kerbau atau kambing. Pada hari itu dimana seluruh umat muslim yang mempunyai  cukup harta diwajibkan berkurban dengan menyembelih hewan kurban sebagaimana yang dianjrkan dalam agama Islam. Khusus di Indonesia biasanya ada tiga jenis hewan yang  kerap dijadikan hewan untuk berkurban yakni sapi, kerbau, kambing atau domba.

Sajian daging apakah yang akan kamu hidangkan untuk keluarga setelah menerima hewan kurban, pastinya salah satu olahan yang menjadi favorit adalah daging kambing. Teksturnya yang tender dengan citarasanya yang khas membuat daging yang satu ini tak jarang menjadi primadona, namun terkadang salah pengolahan pada daging kambing bisa membuat rasanya kurang maksimal, lalu bagaimana cara memasak daging kambing yang baik dan benar agar menghasilkan rasa dan tekstur yang maksimal.

Sebagian aroma prengus atau apek yang dihasilkan dari daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging kambing tersebut. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, cobalah untuk membuang lemak berlebihan yang menempel pada daging dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah, dianjurkan untuk membekukan daging terlebih dahulu di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah membeku, kita tinggal mengirisnya.

Normalnya, daging harus dicuci dulu sebelum dimasak.Tapi berbeda halnya dalam cara memasak daging kambing, karena dengan mencucinya akan membuat daging menjadi lebih alot dan bau prengusnya akan semakin tajam. Sebaiknya, langsung rebus daging dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan daging kambing, setelah itu barulah olah sesuai dengan keinginanmu.

Agar bisa menghasilkan daging kambing yang empuk kita bisa membalurkannya dengan parutan buah nanas, kekuatan nanas sebagai penghasil citarasa segar memang menjadi primadona. Begitupula getah nanas yang tajam juga bisa melunakan daging kambing yang alot, selain itu juga bisa mengatasi aroma amis pada daging. Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakan daging. Caranya sama saja seperti buah nanas. Parut buah pir terlebih dahulu, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Itulah beberapa cara memasak olahan daging kambing agar tidak amis prengus dan menjadi empuk, jadi sudah siap dong untuk memasak aneka olahan daging kambing di hari raya Idul Adha ini. (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.