Beranda Liputan Khusus Bertekad Lestarikan Kuliner Khas Betawi, Wawan Forsa Kembangkan Minuman Beer Pletok

Bertekad Lestarikan Kuliner Khas Betawi, Wawan Forsa Kembangkan Minuman Beer Pletok

103
0
BERBAGI

JAKARTA-JENDELAKULINER.COM- Bir pletok adalah nama sebuah minuman tradisional yang mempunyai banyak manfaat, minuman ini kerap menjadi ciri khas masyarakat Betawi dalam berbagai acara kebudayaan daerah ,meski menyandang kata‘ bir‘ minuman ini tidak memabukan alias tidak mengandung alkohol. Bir pletok justru terbuat dari campuran lada, jahe dan kulit kayu secang yang membuat warna airnya menjadi merah.

Minuman ini konon dahulunya diracik lantaran banyaknya orang Betawi yang kerap melihat kebiasaan waga Belanda di Batavia ketika mengadakan pesta selalu mengonsumsi wine. Berawal dari sini masyarakat Betawi juga ingin mengonsumsi minuman serupa saat adanya perayaan atau pesta.

Tapi lantaran minuman beralkohol atau wine masuk kategori minuman yang dilarang agama akhirnya orang Betawi membuat racikan sendiri dengan bahan rempah-rempah yang aman dikonsumsi baik untuk anak-anak juga orang dewasa.

Kata ‘pletok’ sendiri diambil dari bunyi ‘pletok’ saat orang Belanda membuka tutup botol wine.

Terlepas dari perbedaan pandang tentang asal usul namanya ,bir pletok ternyata punya banyak khasiat.

Beberapa diantaranya, dapat memperlancar peredaran darah,mengatasi nyeri lambung, memulihkan radang sendi ,menghilangkan migran hingga menghangatkan badan.

Dikawasan Jakarta Barat tepatnya di Jalan Sawo Kelapa Dua Rt 01 Rw 05 No 71 terdapat rumah produksi usaha minuman beer ( baca bir ) pletok yang sudah berjalan hampir satu tahunan.

Adalah Wawan Forsa pria asli Betawi yang saat ini aktif di komunitas / ormas FORSA (Fans Of Rhoma Irama dan Soneta) DKI coba
mengembangkan bisnis usaha ini. “Saat ini kebudayaan Betawi hampir tergerus oleh jaman, banyak sekali kebudayaan dari luar yang masuk, sampe akhirnya anak-anak jaman sekarang pela-pelan mulai lupa akan kebudayaannya sendiri, makanan dan minuman tradisional kan bagian dari budaya kita juga yang patut kita lestarikan,”Jelas Wawan saat dijumpai jendelakuliner.com baru-baru ini.

“Kebanyakan kan anak sekarang taunya minuman sama makanan yang bau-bau luar namanya nih, apalagi sekarang ini model bisnisnya franchise yang kalo lagi buming tuh makanan atau minuman bisa ada dimana-mana, kaya jamur di musim ujan tumbuh dimana-mana dah, contoh nih yang lagi rame sekarang ini kaya macem minuman merk Thai tea dah, ” ujar Wawan dengan logat Betawinya yang khas.

“Nah awalnya dari situ, akhirnya saya kepikiran nih, lama-lama jenis makanan sama minuman khas Betawi bisa punah kalo ngga ada yang telatenin buat ngejaganya, paling kaga kita coba bikin lagi apa yang dulu pernah ada selama itu baik, coba kita kenalin ke generasi sekarang yang katanya generasi milenial supaya mereka tau bahwa kalo Betawi punya minuman yang namanya bir tapi halal juga menyehatkan, ”Terang Wawan lagi.

Saat ini Wawan mengembangkan usaha beer pletoknya bersama keluarga dengan sistem marketingnya masih dengan pola lama yakni jaringan komunitas (FORSA) yang ia miliki serta mulai
menggunakan sosmed seperti facebook dan IG.

Beer pletok Wawan forsa sangat cocok diminum buat kita yang sedang tidak fit seperti, masuk angin, badan pegal-pegal, kepala pusing dan perut kembung, aman dikonsumsi untuk anak-anak juga bisa diminum dengan campuran es batu supaya
tambah segar di tenggorokan dan perut.

Beer pletok Wawan Forsa dijual dalam kemasan botol dengan harga 10 ribu per botolnya, dapat juga dipesan dalam jumlah banyak semisal untuk acara hajatan, pameran atau acara kebudayaan daerah.

Pemesanan dalam jumlah besar biasanya harus order dua hari sebelumnya, pemesanan order dapat menghubungi nomer 085 68532 853 (Wawan Forsa). (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.