Beranda Liputan Khusus Ini Asal Usul Nama Roti Gambang

Ini Asal Usul Nama Roti Gambang

102
0
BERBAGI

JAKARTA-JENDELAKULINER.COM – Siapa yang tak mengenal dengan panganan khas yang satu ini ? yaa…Roti Gambang namanya,atau biasa dikenal dengan nama Roti Ganjel Rel. Merupakan makanan khas berupa roti yang berasal dari Indonesia.

Kebanyakan orang mengenalnya sebagai roti gambang Betawi dan roti gambang Semarang. Tak heran, karena roti ini diprediksi berasal dari Jakarta dan Semarang.

Namun, roti ini lebih dikenal dengan nama Roti Ganjel Rel jika di Semarang. Roti ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Sebutan roti gambang muncul karena bentuk rotinya dianggap Belanda mirip gambang, sebuah alat musik tradisional yang mana terdapat di Jakarta dengan nama Gambang Kromong.

Sementara itu, ada pula kesenian serupa di Semarang dan disebut sebagai Gambang Semarang.

Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel di Semarang, bentuknya sama, hanya nama yang berbeda.
Menurut Budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, pada zaman kolonial, orang Belanda yang membuat perusahaan roti di Batavia kerap melihat bentuk alat musik gambang yang unik. Mereka terinspirasi dari bentuk Gambang Kromong.

“Jadi dulu itu perusahaan roti Belanda di Batavia, mereka memilih bentuk roti yang seperti bilah-bilah pada gambang kromong,” ujar Yahya.

“Kalau kamu lihat itu bilah-bilah gambang pada gambang kromong, nah yang seperti itulah, bentuknya dari gambang, maka dikaitkan lah dengan roti gambang, mirip gitu lah,” ujarnya lagi.

Roti Gambang terinspirasi dari gambang pada alat musik gambang kromong. Seperti itulah asal usul penamaan gambang pada roti gambang.

Menurut Yahya, beberapa sumber sejarah menyebutkan gambang kromong telah dikenal sejak abad 18 dan 19.

Roti gambang, ungkap Yahya, terinspirasi dari kepopuleran alat musik gambang kromong.

Ketika gambang kromong terkenal abad 18, lalu abad 19 mulai semakin terkenal. Kemudian abad 20, mulai berkembang menjadi macam-macam gambang.

Pada masa kolonial, roti gambang dikenal sebagai roti yang kerap dikonsumsi orang Belanda-Indonesia.

Yahya mengatakan, roti ini dulunya dikenal dengan rotinya orang-orang Eropa di Batavia.

“Pembuatan roti ini pun juga akhirnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan roti orang-orang Eropa di Batavi,” tutur Yahya.

“Roti kan memang makanan asing ya asalnya, Belanda, nah keluarga-keluarga Belanda-Indonesia ini biasa memakan roti, jadi memang itu makanan luar aslinya,” tambahnya.

“Lambat laun, sebutan ganjal rel juga muncul di masyarakat khususnya di Semarang. Sebutan ini karena roti ini lebih mirip ganjalan rel atau tumpuan rel kereta api,”tutup Yahya . ( Hel )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.