Beranda Resto & Cafe Ini Dia Sop Kambing Susu Bang Karim Yang Sangat Tersohor

Ini Dia Sop Kambing Susu Bang Karim Yang Sangat Tersohor

175
0
BERBAGI

JAKARTA – JENDELAKULINER.COM- Kawasan Tanah Abang sudah lama menjadi sentra olahan kuliner daging kambing.Sejak awal tahun 1990-an,pedagang sop bertebaran hingga ke dalam gang.Para pedagang itu umumnya berasal dari Tanah Abang,terutama dari Gang Mess,Gang Awaludin 1 dan 2 serta Gang Kubur.

Salah satu pedagang sop kambing yang sangat tersohor di sana adalah Bang Karim , Pria yang kesehariannya tinggal di Gang Awaludin 2 ini membuka warung sop kambingnya di JL KH.Mas Mansyur No 17 Kebon Melati Tanah Abang Jakarta Pusat ,  tepatnya dekat perempatan Karet Bivak beberapa meter saja dari pintu rel kereta.

Ia menceritakan , dulu jualan bersama ayah sejak awal tahun1960-an ,  pedagang sop kambing awalnya muncul di Gang Mess,kemudian menyebar ke Tanah Abang,”Dulu,saya dagang dikawasan Gambir dan Menteng.Setelah digusur semuanya berpencar ke beberapa sudut Jakarta.Saya pindah ke Senayan dan akhirnya berlabuh disini dekat perempatan Karet Bivak mulai tahun 1980-an,”Ujarnya.

Soal racikan sop kambingnya yang begitu gurih ,yang kerap membuat orang bikin ketagihan datang kembali ke warungnya karim bercerita , rasa rempah-rempah seperti merica,kapulaga,kayu manis,bawang putih,bawang merah,serta butiran pala yang terasa hangat. Kuah sop kambing yang gurih bukan hanya berasal dari kaldu kambing yang direbus tapi ada campuran susu sapi didalamnya. Sop kambing dengan kuah susu inilah yang menjadi ciri khas Sop kambing milik Karim.

“Kalau yang kuah bening kan udah banyak tuh,ya awalnya dicoba,cocok gak.Ternyata cocok,”Tandas Karim yang sudah hampir 30 tahun berjualan sop kambing. Selain rasa gurih dalam kuah sop ,dilengkapi juga taburan daun bawang serta potongan tomat juga taburan emping dan bawang goreng semakin menggugah selera kita untuk segera menyantapnya.

Karim mengatakan ada juga bumbu rahasia lainnya yang membuat sop kambing miliknya berbeda daripada yang lainnya.Cara mengolah daging kambing agar tidak bau prengus pun,Karim mengaku punya resep sendiri.

Karim bilang jika sudah terbiasa mengolah kambing,maka hasilnya tidak akan bau hingga saat akan diolah.”Tiap orang kan ada resep rahasianya dan caranya sendiri-sendiri.Kalau tahu cara ngolahnya engga bakalan bau,”kata Karim yang mendapat ilmu warisan dari orang tuanya dalam berjualan sop kambing ini. Sampai saat ini pelanggan sop kambing Karim terus bertambah dan beragam, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas seperti anggota DPR. Karim pun mengaku tidak ingin membuka cabang karena 8 orang anaknya tidak ingin merusaknya.

Tidak hanya itu,ia pun tidak ingin pindah lapak jadi sebuah restoran.”Kalau jadi restoran nanti kalangan bawah jadi takut mampir dan ngga bisa nyobain sop kambing saya lagi dong ,”Tutup Karim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.