Beranda Liputan Khusus Ini Makna Hadirnya Nasi Tumpeng Saat Perayaan 17 Agustus

Ini Makna Hadirnya Nasi Tumpeng Saat Perayaan 17 Agustus

78
0
BERBAGI

JAKARTA-JENDELAKULINER.COM-Menyambut atau memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 17 Agustus hampir disetiap sudut gang dihiasi dengan bendera warna warni, menghias Gapura dengan dominasi warna cat merah dan putih, kegiatan ini sudah menjadi tradisi semenjak Bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1945.

Tak lengkap rasanya jika perayaan 17 Agustus ini tanpa di adakan acara pemotongan nasi tumpeng,nasi yang berbentuk kerucut ini ternyata mempunyai makna diantaranya adalah makna yang melambangkan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk nasi tumpeng yang mengerucut keatas dan kerap dikelilingi berbagai jenis lauk melambangkan Indonesia memiliki beragam suku, etnik dan budaya.

Campuran sayur mayur dan lauk pauk melambangkan pula ucapan syukur kepada sang pencipta atas hasil bumi. Selain itu bentuk nasi tumpeng yang menyerupai gunung memiliki makna terlebih bagi masyarakat Jawa. Gunung bagi tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa sering diidentikan sebagai tempat yang maha tinggi secara spiritual.

Pada peringatan HUT RI, Filosofi yang dapat diambil dari penyajian nasi tumpeng adalah agar kita selalu bersemangat mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata dan bermanfaat, menjaga keutuhan NKRI,serta bahu membahu menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa. Dengan disimbolkan nasi tumpeng yang utuh dan tidak tercerai berai dari atas sampai kebawahnya.

Sambal ikan teri juga biasanya menjadi pelengkap lauk di bawahnya, ikan teri melambangkan kekayaan laut Indonesia. Ikan teri biasanya hidup bergerombol di perairan, hal ini dijadikan contoh untuk manusia agar selalu hidup dalam kerukunan.

Ternyata banyak makna disetiap sendok sajian tumpeng ini dan memiliki makna mendalam serta doa, tak heran jika tumpeng jadi hidangan yang kerap disajikan saat momen-momen spesial seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ayo kita siapkan hari istimewa buat Bangsa Indonesia  dengan merayakannya pada bulan Agustus ini. Dirgahayu Republik Indonesia 74 (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.