Beranda Bisnis Lain Roti Unyil, Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Selalu Diburu Para Pelancong

Roti Unyil, Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Selalu Diburu Para Pelancong

223
0
BERBAGI

BOGOR-JENDELAKULINER.COM-Liburan ke kota  Bogor tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh, banyak macam kuliner dikota Bogor yang kerap diburu para pelancong sekedar untuk buah tangan atau oleh-oleh yang akan dibawanya pulang, salah satunya  yakni Roti Unyil. Ya, kue khas kota hujan yang satu ini memang telah menjadi kuliner dan oleh-oleh khas Bogor yang selalu dicari dan diburu para pelancong dari berbagai daerah yang berkunjung ke kota Bogor.

Roti Unyil atau yang dikenal juga dengan nama Roti Venus ini sudah ada sejak tahun 1992. yang didirikan oleh kakak beradik yakni Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja dengan lokasi pertamanya di Jalan Sukasari Bogor, yang kemudian pindah ke Ruko V Point Padjadjaran pada tahun 2004. Usaha ini dirintis setelah kedua orangtuanya meninggal dunia ditengah kesulitan ekonomi yang dialami keluarga,Herliyanti yang saat itu masih duduk dibangku SMA,bekerja keras bersama enam orang adiknya untuk menyambung hidup agar bisa bertahan. Hendra sang adik bungsu yang memang hobi membuat roti akhirnya mencoba menjual roti hasil buatannya yang didapat dari hasil kursus.

Roti yang pertama diproduksi adalah roti coklat,keju dalam jumlah sedikit yang dibuatnya sendiri lalu dikembangkan menjadi 10 varian rasa dengan bentuk dan ukuran yang standar. Penjualannya pun di lakukan diseputar kota Bogor dengan menggunakan gerobak . Sebuah inspirasi datang ketika melihat anak-anak kesulitan memakan roti ukuran standar ini dan hanya bisa memakan roti dengan porsi kecil. Berawal dari sini Hendra pun berinovasi dengan membuat roti berukuran kecil atau mini dengan 20 varian rasa. Karena bentuknya mini maka dinamakan Roti Venus atau Roti Unyil, sebutan Unyil sendiri datang dari para pelanggannya yang sedang membeli, terinspirasi dari filem boneka Si-Unyil yang kala itu memang sedang populer.

Saat ini roti Unyil Venus sudah memiliki sekitar 20 karyawan dengan beberapa diantara karyawannya ada yang sudah ikut bekerja sejak tahun 1992. Pilihan rasa dari roti Unyil juga semakin beragam, terdapat 25 varian rasa mulai dari keju, jagung, abon, hingga green tea dan lain-lain. Roti Unyil sendiri dijual perpaket mulai dari paket 10 ,20,30 dan 60 buah ,dengan harga satuannya adalah Rp 1500.

Meski saat ini telah memiliki banyak pelanggan dan permintaan namun Herliyanti dan Hendra tidak terpikir untuk membuka cabang dikota lain. Hal ini sengaja dilakukan agar brand Roti Unyil semakin kuat melekat dibenak masyarakat sebagai sajian kuliner khas dari kota Bogor. Walau tidak memiliki cabang,tetapi diakui Hendra,ia memiliki beberapa reseller yang menjual Roti Unyil mereka dengan harga yang sama ke kota-kota diluar Bogor.

“Rahasia sukses kami adalah kualitas yang paling utama. Ya, Roti Unyil yang dijual tanpa menggunakan bahan pengawet ini selalu dijaga kualitasnya oleh tim dengan berbagai cara, salah satunya yakni tetap menggunakan bahan yang berkualitas tinggi meskipun bahan yang akan digunakan sedang susah dicari, dengan kualitas yang baik ini membuat Roti Unyil selalu terasa nikmat dan lezat, tentu akan membuat Roti Unyil semakin diburu oleh para konsumen dan pelanggan pecinta kuliner,”Tutup Herliyanti. (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.