Beranda Tips & Trik Seberapa Bahayanya Makan Nasi Dengan Mie Instan

Seberapa Bahayanya Makan Nasi Dengan Mie Instan

100
0
BERBAGI

JAKARTA- JENDELAKULINER.COM Mengkonsumi mie instan memang nikmat; apalagi dengan telur dan irisan cabai. Tapi, bagaiman bila makan mie instan dengan nasi?

Proses memasak yang cepat kerap di jadikan alasan mengapa mie instan sebagai lauk untuk makan nasi. Harganya yang murah pun bisa membuat kita menghemat biaya makan.

Kamu sendiri, seberapa sering sih menjadikan mie instan sebagai lauk makan nasi?
Belakangan, banyak yang menyoroti bahwa kebiasaan makan mie instan dengan nasi punya dampak buruk bagi kesehatan. Untuk mencari tahu soal kebenaran dampak makan mie instan dengan nasi, Jendelakuliner.com coba mencari info akan hal ini, dan dari salah satu Dokter ahli gizi mengatakan, “Jangan dong, jangan dimakan bersamaan karena kan dua-duanya sama-sama karbohidrat. Jadi kalau nasi dan mie maka asupan karbohidratnya jadi banyak banget. Nah, apalagi untuk penderita diabetes, akan meningkatkan gula darahnya.

Kalau untuk orang yang tidak diabetes akan mudah mengantuk.
Ia juga menjelaskan bahwa pada dasarnya, nasi tidak berbahaya karena termasuk karbohidrat kompleks. Bila dimakan dalam jumlah sesuai, tidak apa-apa.
Mie instan dan nasi.
Sementara itu, mie instan terbuat dari tepung dan termasuk karbohidrat simple.

Mengkonsumsi mie instan hanya akan menahan rasa lapar dalam waktu singkat dan bila dimakan dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

“Selain itu, bumbunya juga tinggi garam, ya. Enggak baik dimakan terlalu sering terutama pada penderita hipertensi,” jelasnya lebih lanjut.

Hal ini juga diperkuat oleh peryataan Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology (SEAFEST). Ia mengungkap bahwa kombinasi keduanya berbahaya, apalagi bila dimakan berlebihan karena bisa menjadi faktor obesitas.
“Batas konsumsinya adalah AKG (angka kecukupan gizi) untuk karbohidrat.

Rekomendasinya 30% dari total kalori harian (2150 kkal). Nasi 100 gr berasal dari 50 gr beras dengan kalori 160 kkal. Nah, coba cek lagi di bungkus mie instan, berapa kalorinya,” jelas Prof Nuri.

Selain itu,ia juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi mie instan dan nasi secara bersamaan dalam jumlah besar bisa membuat kita jadi cepat mengantuk.

“Setelah makan, aliran darah berpusat di pencernaan agar makanan dapat diserap. Nah, kalau kita makan nasi dan mie berarti kan porsi makan kita besar tuh. Belum lagi kalau ada lauk lain. Tentu ada efek mengantuknya setelah itu,” ungkapnya. Prof Nuri juga menjelaskan bahwa tidak ada kandungan dari mie atau nasi yang bila dimakan bersamaan akan membuat efek buruk tertentu. Yang dikhawatirkan adalah terlalu banyaknya asupan karbohidrat karena keduanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Jadi, bukan hanya perkara mie instan dan nasi. Sebaiknya kamu juga mulai melihat porsi makanan harianmu. Apakah sayurnya sudah cukup?
Apakah karbohidratnya tidak berlebihan?
(hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.